MURAHH..! WA 081-327-119-234 Jual Bibit Durian Bawor Solo

Proses pembuatan Bibit Durian berkualitas memerlukan proses dan seleksi yang ketat. Mulai dari pertama pemilihan ponggo atau biji durian yang akan kita semai sebagai bahan batang bawah untuk proses penyambungan. Pongge yang besar dan tua adalah pilihan bagus untuk dijadikan bahan semai.

Setelah pongge-pongge diseleksi dicuci bersih lalu di semai, cara semainya pun bermacam-macam. ada yang langsung di polibeg, ada yang menggunakann tanah di gunddukkan lalu pongge ditebar di atasnya. Semua boleh dilakukan yang terpenting adalah dipastikan kelembabanya jangan sampai kering.

bisa dilakukan penyiraman 2hari sekali dan di atas semaianya di berikan paranet atau peneduh. Setelah kurang lebih berumur 3bulan atau sebesar rokok mulailah proses penyambungan. yang terpenting dalam proses penyambungan adalah pemilihan jenis entresnya terlebih dahulu. Setelah entres disiapkan dan batang bawah juga sudah didekatkan mulailah proses penyambungan.

Langkah-Langkah Dalam Sambung Pucuk Pohon Durian

Karena sambung pucuk adalah proses penyatuan pucuk (di batang atas) dengan batang bawah sehingga akhirnya akan terbentuk tanaman baru yang cocok secara kompleks. Dan teknik sambung pucuk itu akan membutuhkan peralatan sebagai berikut ini:

  • Alat pemotong yang tajam berupa silet atau cutter, tapi lebih bagus pakai pisau khusus okulasi. Kemudian yang paling penting diperhatikan adalah pisau yang digunakan harus yang benar-benar tajam dan juga steril atau bersih
  • Siapkan juga plastik untuk kerudung atau untuk sungkup pucuk sambungannya nanti
  • Tali rafia atau tali plastik secukupnya

Kemudian beralih pada tahapan atau langkah-langkah untuk melakukan sambung pucuk sebagai berikut ini :

Ambil batang bawah yang sudah siap untuk disambungkan, lalu dipotong 10 hingga 20 cm dari permukaan tanah polibagnya. Tetapi dalam pemotongan diharuskan menggunakan gunting atau menggunakan pisau yang tajam sehingga nantinya permukaan potongan tidak pecah. Sebab jika permukaan potongan pecah, nantinya akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penyambungan pucuk durian. Kemudian apabila menggunakan gunting, maka permukaan potongan harus dirapikan lagi menggunakan pisau. Setelah itu permukaan batang yang telah dipotong kemudian belah ke bawah sepanjang 1atau  2 cm menjadi dua bagian yang sama besar, pun pucuk yang akan disambungkan, harus sama besar dan disayat kiri dan kanannya sepanjang satu atau dua centi. Pastikan permukaan sayatan jangan terkena tangan.

Kemudian pangkal pucuk yang telah disayat itu lalu dimasukkan pada celah ujung pangkal batang bawahnya sampai semua bekas sayatannya itu tertutup dan pastikan posisi sambungannya harus kulit bertemu kulit, ya. Usahakan jangan sampai adanya gesekan yang terlalu kuat di antara sayatan batang atas dan juga batang bawah, sebab bisa sebabkan kerusakan utamanya pada ujung sayatannya itu. Jika pucuk sudah dimasukkan pada batang bawah, segera lakukan pengikatan dengan menggunakan tali yang telah tersedia. Ingatlah bahwa arah pengikatan dari bawah ke atas dan ikatannya harus mantap, tak boleh terlalu kuat tak boleh terlalu lemah.

Setelah itu lakukan penyungkupan dengan menggunakan plastik bening, satu per satu. Tetapi jika pembibitan penyambungannya skala besar, maka bagusnya model sungkup dibuat secara komunal yakni hasil penyambungan itu disungkup secara bersama-sama menggunakan sungkup yang besar (yakni sungkup permanen). Nah, setelah dilakukan penyungkupan, kemudian hasil sambungan tersebut bisa disimpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Sementara itu jika skala besar bisa dibuat naungan. Kemudian jika tidak hujan, maka lakukan penyiraman satu kali sehari saja, supaya tanah polibag tetap lembap.

Jika pada umur 3 atau 4 minggu sambungan hidup  entresnya berwarna hijau, maka sungkup bisa dibuka. Tetapi jika entresnya kering, maka sambungannya gagal.

Membutuhkan Bibit Durian Bawor, Bibit Durian Musang King, Bibit Durian Duri Hitam Hubungi/WA 0813 2711 9234

 

Slide12

 

0823 -2711-3939, bibit durian bawor ahmad darsono, bibit durian bawor alasmalang, bibit durian bawor asli Indonesia.

 

Slide20

 

Slide15

 

Slide97

 

Slide84

 

Slide83

 

Slide81

index

 

WhatsApp Image 2018-04-28 at 12.31.29(2)

 

WhatsApp Image 2018-04-28 at 12.31.29(3)

Slide4

 

WhatsApp Image 2018-04-28 at 12.31.28(1)

 

Slide5

 

Slide3

 

7

 

8

 

9

 

10

 

IMG-20170123-WA0031

 

Mari bergabung bersama kami di Sosial Media untuk berdiskusi dan Sharing Seputar Budidaya Durian
Gabung di GROUP RAHASIA SUKSES BERKEBUN DURIAN dan

Dapatkan Informasi Uptodate Tentang Seputar Budidaya Durian Like Fans Page Kami di RAHASIA SUKSES BERKEBUN DURIAN

 

Kami juga menjual Bibit Durian Unggul dan Bibit Buah Buahan Unggul Lainya seperti :

  1. Bibit Durian Pelangi
  2. Bibit Durian Musang King
  3. Bibit Durian Merah
  4. Bibit Durian Ketan
  5. BIbit Durian D24
  6. Bibit Durian Kumbokarno
  7. Bibit Durian Petruk
  8. Bibit Durian Menoreh Kuning
  9. Bibit Durian Duri Hitam 
  10. Mangga Kiojay
  11. Kelengkeng New Cristal
  12. Jambu Madu Deli
  13. Dan Lain-lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Protected by WP Anti Spam